GOWA—Pasca renovasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulsel Unit Kerja Perpustakaan Abdurrasyid Daeng Lurang melakukan penataan kembali bahan pustaka sejak sepekan yang lalu dan telah rampung hari ini.

Kadis DPK Sulsel Moh. Hasan Sijaya mengatakan, renovasi gedung kantor yang dilakukan kali ini mulai dari kantor arsip, multimedia, layanan umum tallasalapang, layanan perpustakaan ibu dan anak hingga layanan perpustakaan Abdurrasyid daeng lurang.

“Jadi banyak bagian yang kami renovasi mulai dari kantor arsip, multimedia, layanan umum tallasalapang, layanan perpustakaan ibu dan anak hingga layanan perpustakaan Abdurrasyid daeng lurang meliputi pergantian tegel keramik, plafon, dinding, toilet, penataan taman, serta perbaikan gerbang. Akibatnya bahan pustaka dan rak-rak buku dipindahkan,” ucapnya, (19/1/2021).

Diketahui layanan umum Abdurrasyid daeng lurang memiliki gedung 3 lantai sehingga rak buku beserta koleksi-koleksi lainnya dipindahkan dari lantai 1 hingga lantai 3.

Syafar, Koordinator Layum Daeng Lurang mengaku proses renovasi gedung memakan waktu sekitar tiga bulan.

“Proses renovasi gedungnya sendiri memakan waktu kurang lebih tiga bulan, sejak bulan Oktober lalu dan selesai pada awal Januari, sehingga penataan kembali bahan pustaka dan rak buku baru dilaksanakan,” jelasnya.

Ia menyebutkan sebanyak 7250 koleksi bahan pustaka yang telah ditata.

“Sebanyak 7250 koleksi bahan pustaka yang telah ditata, termasuk koleksi umum, referensi, deposit, koleksi keliling hingga koleksi anak-anak,” tutupnya. (*)