Beranda » Kesehatan » Formazi FKM Unhas Gelar Nutrition Competition 2018
Kesehatan

Formazi FKM Unhas Gelar Nutrition Competition 2018

MAKASSAR – Forum Mahasiswa Gizi (Formazi), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unhas, melaksanakan kegiatan Nutrition Competition tingkat Sulselbar, di Gedung Pertemuan Ilmiah Unhas, Minggu (11/3/2018), dengan mengambil tema “Peran Pemuda sebagai Agent of Change untuk Mencegah Stunting demi Mewujudkan SDG’s 2030.”

Ketua panitia pelaksana, Puspita Dewi, yang juga mahasiswa program studi Gizi FKM Unhas angkatan 2015, dalam laporannya mengatakan, bahwa NC2018 ini diikuti oleh sekolah yang ada di Sulselbar. Namun yang diundang presentasi hanya 10 proposal terbaik.

Menurutnya, stunting merupakan masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu cukup lama, sebagai akibat pemberian makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi, dimana penderita stunting memiliki tinggi badan (TB) yang lebih rendah dari standar usianya. Adapun dampak stunting secara jangka panjang dapat mengakibatkan penyakit-penyakit degeneratif salah satunya adalah obesitas.

“Hasil Pemantauan Status Gizi (PSG) tahun 2017 menunjukkan prevalensi stunting pada anak usia di bawah 2 tahun (Baduta) mengalami penurunan dari 21,7% (2016) menjadi 20,1% (2017), sehingga stunting masih menjadi masalah bagi bangsa kita, yang perlu diselesaikan melalui intervensi sensitif, yang semua sektor ikut andil dalam menyelesaikan stunting bukan hanya menitik beratkan pada sektor kesehatan,” tegas Puspita Dewi.

Melalui kegiatan ini, Panitia berharap akan muncul generasi muda yang menjadi agent of change melalui karya ilmiah yang menjadi jawaban dalam penyelesaian masalah stunting dalam mewujudkan SDG’s 2030.

“Kegiatan ini merupakan salah satu Program Kerja Pendidikan dan Profesi FORMAZI Universitas Hasanuddin periode 2017-2018. Sebelumnya sudah pernah diselenggarakan di periode 2016-2017. Ada 10 tim yang masuk ke babak final, diantaranya, SMAN 1 Polewali, SMAN 5 Tana Toraja, SMAN 1 Bulukumba, dan SMAN 7 Bulukumba,” terang Puspita Dewi.

Adapun dewan juri dalam lomba ini meliputi dosen Fakultas Farmasi Unhas, Rangga M. Asri S.Si Apt dan dosen prodi gizi FKM Unhas, Sabaria Manti Battung SkM M.Sc, yang telah bekerja sejak seleksi proposal hingga penilaian prsentasi.

Kegiatan NC2018 ini, dibuka langsung Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, FKM Unhas, Prof. Sukri Palutturi SKM M.Kes M.ScPH Ph.D, yang dlam sambutannya memberikan memotivasi para peserta untuk ikut dalam setiap ajang lomba dan menjadi siswa berprestasi.

“Ajang ini tidak hanya sekedar aktivitas kemahasiswaan, tetapi juga sekaligus mempromosikan Prodi Gizi di sekolah-sekolah SMA se Sulselbar sebagai salah satu prodi favorit di Unhas dengan akreditasi A,” pungkas Prof Sukri. (*/464ys)