GenBI UINAM Gelar Gebyar, bertajuk
GenBI Komisariat Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM), dalam rangka mewujudkan salah satu program kerja Deputi Kerjasama, Senin (27/12/2021) menggelar Gebyar dengan mengusung tema “The Rise of Millenials : Creative, Innovative, and Productive in Works”.

MAKASSAR—Generasi Baru Indonesia (GenBI) Komisariat Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM), dalam rangka mewujudkan salah satu program kerja Deputi Kerjasama, Senin (27/12/2021) menggelar Gebyar dengan mengusung tema “The Rise of Millenials : Creative, Innovative, and Productive in Works”.

Gebyar adalah kegiatan yang mencakup empat deputi internal dan tiga deputi eksternal yang bersama-sama menuangkan ide cemerlang dan kreativitasnya dalam satu rangkaian kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat, selaras dengan kegiatan Gebyar GenBI Komisariat Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM) dan proker Deputi Kerjasama.

Gebyar Generasi Baru Indonesia tahun 2021 ini dilaksanakan dengan konsep semi virtual dengan berbagai macam kegiatan yang dikemas semenarik mungkin dengan menghadirkan Webinar Ekonomi Digital, Festival UMKM, Webinar Kesehatan, serta mengadakan lomba-lomba sebagai wadah pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum lainnya untuk berkompetisi dan mengembangkan minat serta bakatnya.

Sesuai siaran Pers yang diterima Media Sulsel, Selasa (28/12/2021). Kegiatan ini diharapkan dapat membawa energi positif dan memberikan banyak manfaat bagi peningkatan pengetahuan masyarakat.

Dalam sambutan pembukaannya, Ketua Panitia Pelaksana, Muh. Ilham Anugrah Syam mengatakan bahwa Gebyar bertujuan untuk mengimplementasikan pilar dari GenBI yaitu future leader, agent of change dan frontliner.

“Tujuan dari Gebyar ini adalah bagaimana kita bisa menerapkan tiga pilar GenBI yaitu future leader, agent of change dan frontliner, karena pada kegiatan ini banyak rangkaian acara yang bertujuan untuk mengimplementasikan pilar dari GenBI itu sendiri,” tutur Ilham.

Sejumlah kegiatan yang akan dilaksanakan menurut Ilham antara lain, Bazar dan Dialog Public, GenBI pintar, GenBI Competition yang meliputi Essay Competition, Speech Contest, dan Reels Challenge, kemudian ada webinar ekonomi digital dan webinar kesehatan.

Sementara itu, Ketua Umum GenBI UINAM, Abd Malik berharap dengan adanya kegiatan ini dapat mempererat tali persaudaraan dan merealisasikan slogan GenBI yaitu Energi untuk Negeri.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini dapat mempererat tali persaudaraan antar sesama baik itu di kalangan anggota GenBI maupun antar instansi lainnya sehingga slogan yang sering kita gaungkan yaitu Energi untuk Negeri dapat terealisasi, kemudian kami berharap semoga dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi garda terdepan dalam mensosialisasikan segala bentuk kebijakan yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia yang dimana ketiga pilar kita di GenBI dapat terealisasi dengan maksimal bukan hanya sebagai konsep,” ujarnya.

Ketua wilayah GenBI Sulsel Baso Patisangguru, dalam sambutannya saat membuka acara menuturkan, bahwa GenBI atau Generasi Baru Indonesia bukan hanya sebuah organisasi tetapi juga sebuah wadah untuk menyalurkan potensi, minat dan bakat anggotanya dengan berbagai kegiatan yang sangat bermanfaat dan mengedepankan 3 fungsi yaitu agent of change, future leader, dan frontliner.

“GenBI merupakan wadah untuk berkembang, wadah untuk berproses. Telah banyak kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan seperti webinar-webinar seperti kegiatan kali ini yang dirangkaikan dengan berbagai lomba dan webinar, tentunya ini adalah wadah yang sangat bagus untuk mengembangkan potensi” Ujarnya.

Adapun rangkaian acara dari Gebyar ini adalah Webinar Ekonomi sebagai kegiatan pertama membahas “How to Maximize Social Media for Business” dengan menghadirkan dua pemateri yaitu Ayu Ruqayyah Yunus., S.EI., M.E.K selaku Dosen UIN Alauddin Makassar dan Founder Wehama. dan Muhammad Nurzam Jaya selaku pengusaha serta Mentor Perusahaan CV, MBCI/ Rizawa Official Collection.

Kemudian untuk webinar kesehatan membahas terkait “Remaja Sehat dan Hebat Wujudkan Energi untuk Negeri” dengan pemateri Fasilitator Remaja/Duta Generasi Berencana Sulsel 2018, Aida Ramadhani Amir, S.Ikom, dan Mahasiswa Psikologi/ Mahasiswa berprestasi tingkat 1 UNM, Aviva R. Scholten.

Sebagaimana dilaporkan Zulfa Amani, setelah kedua webinar selesai, kegiatan dilanjutkan dengan pengumuman hasil lomba dari tiga cabang lomba yaitu Getar (GenBI pintar), Speech Contest, dan Reel Challenge.

Acara terakhir dari rangkaian Gebyar yaitu Family Gathering dimana ada special Perform dari pengurus-pengurus GenBI UINAM dan berbagai macam games seru serta sharing session. (*)