Beranda » News » Heboh, Pilot Lion Air Izinkan Keluarga Masuk ke Dalam Kokpit
News

Heboh, Pilot Lion Air Izinkan Keluarga Masuk ke Dalam Kokpit

JAKARTA – Untuk kesekian kalinya maskapai lion air mendapat kecaman dari publik. Seorang penumpang maskapai Lion Air mendapati hal aneh saat terbang dari Denpasar menuju Jakarta pada Selasa (23/5).

Salah seorang penumpang di maskapai penerbangan tersebut menyebut bahwa kapten pilot membolehkan keluarganya untuk masuk ke dalam kokpit pesawat yang sedang terbang.

Hal tersebut dikhawatirkan seorang penumpang dapat membahayakan keselamatan penumpang yang berada dalam perjalanan tersebut.

Kejadian ini diceritakan oleh Citra Rienanti yang menjadi satu penumpang pesawat lion air ke akun laman Facebooknya dengan nama akun Citra Rienanti.

Citra menceritakan bahwa dia terbang ke Jakarta bersama dengan suami dan dia mendapat tempat duduk 2B dan 2C. Didalam perjalanan dia melihat suatu keanehan ketika salah satu pramugari menghampiri penumpang yang duduk di banhku 1F dan 1E, yakni seorang ibu dan seorang batita dengan umur sekira 3 tahun.

Citra yang duduknya tidak berjauhan dari si ibu muda itu mendengar apa yang diucapkan oleh pramugari. “(Pramugari bilang) Bu bapak ingin bertemu dan segera direspon‎ oleh si ibu mudah,” ujar Citra dalam akun Facebook miliknya, Rabu (24/5).

Citra kala itu tidak berburuk sangka dan hanya mengira si ibu muda itu hanya untuk ke toilet untuk mengganti popok anaknya. Namun setelah sekitar 20 menit belum juga kembali, padahal beberapa orang sudah ada ‎yang ke toilet.

Akhirnya dia menyampaikan kecurigaan tersebut ke suaminya lantaran ibu muda dan satu anak itu belum juga ada di bangku tempat duduknya. Setelah itu Citra pun bertanya ke pramugari Lion Air mempetanyakan kemana ibu muda dan anaknya tersebut. “Pramugari itu gelagapan menjawab, lagi ketemu suaminya di kokpit,” kata Citra menirukan ucapan sang pramugari.

Sontak saja mengatahui hal itu, Citra pun mempertanyakan apakah boleh keluarga menemui pilot di ruang kendali atau kokpit. Pasalnya ada sekitar 214 penumpang yang ada di pesawat tersebut. “Makin grogi si pramugari dia menjawab perintah captain, ibu itu keluarganya,” ungkap Citra yang menirukan pramugari itu.

Citra pun mengatakan kepada pramugari tersebut, orang awam juga tahu bahwa kokpit itu dilarang dimasuki orang lain selain kru pesawat. Apalagi ada tulisan jelas pelarangan dilarang masuk ke kokpit. Oleh sebab itu dia meminta kepada pramugari tersebut memberikan tahukan kepada pilot itu. “Kasih tahu sama pilotnya sebelum hal ini saya share kepada penumpang,” ungkapnya.

Setelah menunggu sekitar 10 menit si ibu itu kembali dengan sang anak. Citra pun berusaha menanyakan kepada ibu kenapa ada di kokpit. Sontak saja si ibu itu langsung marah dan memaki-makinya. “Boleh aja (masuk kokpit) kan enggak ngapa-ngapain,” kata Citra yang menirukan ibu itu.

Lantas Citra bersama dengan suaminya pun meminta konfirmasi ke pilot tersebut yang diketahui bernama Dimas Rio. Dimas menjawab boleh saja orang masuk ke kokpit asal seizin dengan pilot itu. “Boleh ke kopkit atas izin captain (pilot), captain juga menawarkan apabila terbang menggunakan Lion Air lagi dan si captain (Dimas Rio) yang memimpin penerbangan bisa mampir ke koit,” tutur Citra menirukan pilot itu.

Citra juga sudah berusaha menemui Duty Manager Lion Air untuk meminta penjelasan, namun tidak berhasil karena dia harus berangkat lagi menuju Jambi karena saat itu sedang transit.

Namun demikian Citra memertanyakan kepada pihak-pihak terkait apakah diperbolehkan orang yang bukan kru pesawat bisa masuk ke kokpit. “Apakah sistem penerbangan di Indonesia membolehkan hal seperti itu terjadi,” Ungkap Citra.‎ (*/4ld)