Inilah 23 Produk Layanan Adminstrasi Kependudukan

Dukcapil Sulsel
Dukcapil Sulsel

MAKASSAR—Kebanyakan diantara kita tidak memahami, apa saja sebetulnya produk layanan administrasi kependudukan yang dikelola oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Sesuai yang tertera dalam website resmi dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sulawesi Selatan, yaitu dukcapil.sulselprov.go.id, ternyata secara keseluruhan terdapat 23 produk administrasi kependudukan yang dikelola oleh dinas kependudukan dan pencatatan sipil, yang terdiri dari 3 kartu, 6 akta dan 14 surat.

Adapun 3 kartu tersebut adalah meliputi Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Identitas Anak. Sedangkan untuk akta meliputi, Akta Kelahiran, Akta Kematian, Akta Perkawinan, Akta Perceraian, Akta Pengakuan Anak dan Akta Pengesahan Anak.

Sementara untuk jenis surat meliputi; Surat Keterangan Pindah, Surat Keterangan Pindah Datang, Surat Keterangan Pindah Ke Luar Negeri, Surat Keterangan Datang Dari Luar Negeri, Surat Keterangan Tempat Tinggal, Surat Keterangan Kelahiran dan Surat Keterangan Lahir Mati.

Selain itu juga terdapat, Surat Keterangan Pembatalan Perkawinan, Surat Keterangan Pembatalan Perceraian, Surat Keterangan Kematian, Surat Keterangan Pengangkatan Anak, Surat Keterangan Pelepasan Kewarganegaraan, Surat Keterangan Pengganti Identitas dan terakhir Surat Keterangan Catatan Sipil.

Nah tentu saja apabila anda membutuhkan salah satu produk adminduk di atas, tentunya mengharuskan anda untuk berhubungan dengan Disdukcapil yang tentunya dengan persyaratan-persyaratan tertentu. (*)

Berita Lainnya
Lihat Juga:  Abdul Hayat Gani Tegaskan PPM tidak akan Berpolitik

Berita terkait