Jumlah Siswa Lulus SMP akan Masuk SMA Sederajat Mencukupi

PPDB Online
Ilustrasi Siswa SD, SMP, SMA.

MAKASSAR—Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sulawesi Selatan terus melakukan persiapan Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB tahun 2022 tingkat SMA Sederajat.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sulsel, Setiawan Aswad mengatakan Peraturan Gubernur (Pergub) untuk pelaksanaan PPDB saat ini sudah di Biro Hukum Pemprov Sulsel.

“PPDB ini sementara proses pengajuan pergub di Biro hukum, sambil kita segera sosialisasikan tahapannya,” ungkapnya, Kamis (21/4/2022).

Ia menyebutkan selama ini jumlah siswa yang lulus SMP dan akan masuk ke tingkat SMA sederajat mencukupi.

“Jumlah siswa masuk SMA menunggu laporan, minggu lalu rapat dengan Musyawarah Kepala Sekolah Sulawesi Selatan (MKSS). Mudah-mudahan minggu ini sudah ada info pastinya, yang jelas selama ini jumlah lulusan SMP atau keluar mencukupi dengan ketersediaan di tingkat SMA,” sebutnya.

Setiawan Aswad mengaku, selama ini kuota SMA yang dianggap tidak mencukupi karena banyak calon siswa yang mau masuk Sekolah Negeri. “Kita coba cek lagi di Makassar mencukupi, yang menjadi soal biasanya tidak mencukupi kalau semua mau masuk sekolah negeri,” jelasnya.

Berita Lainnya

“Sehingga kita memberikan pemahaman dan sosialisasi kepada orang tua dan peserta didik bahwa kualitas sma negeri dan swasta sama yang setiap tahun juga diperbaiki dan meningkatkan kwalitas pendidikannya dengan cara proses akreditasi,meski ada juga sekolah swasta yang banyak diminati dan ada yang tidak,” tuturnya.

Ia menambahkan untuk jalur PPDB ada tiga yaitu jalur zonasi, afirmasi dan jalur prestasi.

“Yang pertama di buka jalur afirmasi jadi kepada siswa didik kurang mampu dan dekat sekolah bisa memaksimalkan ini, terus kedua jalur prestasi dan terakhir jalur zonasi,” tutupnya. (*)

Berita Terkait