Luar Biasa, Inovasi DP3A Dalduk KB Sulsel Masuk Dalam Top 30 KIPP
Dr. dr. Hj. Fitriah Zainuddin, M.Kes, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3A Dalduk KB) Sulsel.

MAKASSAR—Dibawah kepemimpinan Dr. Hj. Fitriah Zainuddin, M.Kes, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3A Dalduk KB) Sulsel kembali mendapatkan penghargaan.

DP3A Dalduk KB Sulsel mendapatkan penghargaan atas keberhasilannya masuk dalam top 30 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Jaringan Inovasi Pelayanan Publik (JIPP) yang diselenggarakan oleh Biro Organisasi Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Sulsel.

Kepala DP3A Dalduk KB Sulsel, Fitriah Zainuddin mengaku, pelayanan sinergitas anak yang berhadapan dengan hukum atau pensil ayah berhasil masuk dalam top 30 KIPP.

“Kami tidak henti-hentinya terus melakukan terobosan dan inovasi dengan melalukan sinergitas diantaranya dengan membantu dalam pemenuhan hak-hak anak yang berhadapan dengan hukum dengan bekerjasama dengan berbagai pihak, ini yang membuat kami masuk dalam Top 30 KIPP,” ungkapnya, Minggu (5/9/2021).

Dijelaskan, pemenuhan hak anak yang berhadapan hukum seperti persoalan administrasi kependudukan, pendidikan maupun lainnya. Anak-anak yang berkebutuhan khusus antara lain anak yang berhadapan hukum biasanya pemenuhan hak-haknya terabaikan.

“Makanya kita inisiasi melalui DP3A Dalduk KB Sulsel betul-betul disinergitaskan dengan memberikan hak mereka melalui kerjasama ini didalamnya sudah ada dinas catatan sipil, dinas pendidikan, ada pembinaan kerohanian, ada pendampingan psikologinya, maupun lainnya,” tuturnya.

Fitriah mengaku, kerjasama dilakukan dengan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) kelas ll Maros untuk meningkatkan sinergitas layanan antar jemput anak yang telah selesai masa hukumannya.

“Layanan antar jemput anak yang telah selesai masa hukumannya sangat bagus karena selama ini orang tuanya terkadang sudah malas makanya DP3A bersama orang tuanya mempunyai tanggung jawab menjemput dan membawa anak tersebut kerumahnya termasuk membawanya kembali bersosialisasi bersama masyarakat,” bebernya.

Rencananya penyerahan piagam penghargaan akan dilakukan Senin (6/9). “Keberhasilan yang didapatkan ini menambahkan daftar penghargaan yang telah di dapatkan DP3A Dalduk Sulsel diantaranya prestasi provinsi layak anak, KPI award, Kabupaten layak anak yang terus meningkat serta lainnya,” pungkasnya. (*)