Mahasiswa KKN Unhas 105 Awasi Pilwalkot 2020
Mahasiswa KKN Tematik Unhas gelombang 105 yang berposkokan di Tamalanrea 9 turut melakukan pengawasan jalannya pilkada yang diadakan serentak, Rabu, (9/12/2020)

MAKASSAR—Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Unhas gelombang 105 yang berposko di Tamalanrea 9 turut melakukan pengawasan jalannya pilkada yang diadakan serentak hari ini Rabu, (9/12/2020) tepatnya di RW 6 Kelurahan Tamalanrea Indah.

Turut sertanya mahasiswa KKN dalam melakukan pengawasan Pilkada kali ini, tidak terlepas dari tema KKN Unhas yaitu “Duta Perubahan Perilaku Pencegahan Covid-19 & Pengawasan Partisipatif Pilkada 2020”.

Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama Bawaslu Sulsel dan Unhas dalam program KKN Tematik gelombang 105.

Peserta KKN posko Tamalanrea 9 difokuskan melakukan pengawasan Pilkada di dua TPS, yaitu TPS 12 dan TPS 13 Kelurahan Tamalanrea Indah.

Kegiatan ini dilakukan untuk mengawasi pelanggaran Pilkada maupun pelanggaran penegakan protokol kesehatan yang terjadi selama masa Pilkada diselenggarakan.

“Pengawasan partisipatif ini diharapkan untuk mampu mendorong pilkada sehat. Serta kerja sama dengan bawaslu sebagai momentum agar merawat demokrasi serta bawaslu sebagai rumah untuk mahasiswa belajar demokrasi,“ kata Dr. Eng Wardi selaku Dosen Pengampu KKN.

Menurut salah satu mahasiswa, Andi Fadel, bahwa kegiatan merupakan aksi nyata dalam mengaplikasikan ilmu demokrasi dalam masyarakat yaitu dengan mengawasi seluruh kerawanan pilkada serta berjaga di TPS.

“Kita sebagai mahasiswa harus terjun langsung dan terbuka kepada masyarakat,” ungkap Fadel yang juga mahasiswa Ilmu Pemerintahan Unhas.

Dandis selaku koordinator Tamalanrea 09 memberikan penjelasan jika mahasiswa KKN unhas telah dilengkapi dengan pengawasan partisipatif.

Hal ini agar mahasiswa mampu dibekali agar mampu mengawal pemilu hingga pelantikan.

Senada dengan hal itu, Chuya selaku mahasiswa Hukum Unhas juga menambahkan agar mengingat 3M, yakni: Memakai Masker, Menjaga Jarak, dan Mencuci tangan, selama pilwalkot agar terhindar dari covid sesuai dengan imbauan KPU dan Bawaslu RI. (*)