Pantau Langsung Penyerahan KIA di Bulukumba, Kadis Dukcapil Sulsel: Banyak mamfaat memiliki KIA
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Sulsel, Sukarniaty Kondolele bersama rombongan, memastikan secara langsung pelaksanaan penyerahan Kartu Identitas Anak (KIA) kepada puluhan siswa-siswi di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Bulukumba, Kamis (23/9/2021).

MAKASSAR—Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Sulsel, Sukarniaty Kondolele bersama rombongan, memastikan secara langsung pelaksanaan penyerahan Kartu Identitas Anak (KIA) kepada puluhan siswa-siswi di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Bulukumba, Kamis (23/9/2021).

Penyerahan KIA ini sekaligus menjadi wadah untuk menjelaskan manfaat KIA kepada siswa-siswi di Bulukumba.

“Sesungguhnya KIA ini sudah banyak fungsinya, manfaatnya kalau urus paspor sudah bisa sendiri tidak lagi mengikut di paspor orang tua. Selain itu banyak kemudahan anak sekolah, tahun ajaran baru juga akan mendapatkan bantuan sekolah,” kata Sukarniaty di depan tamu yang hadir.

Sukarniaty juga berharap ada kebijakan baik dari Pemda Bulukumba untuk kemudahan dan manfaat pemilik KIA.

“Pada beberapa daerah yang lain anak yang sudah memiliki KIA akan mendapatkan keriangan diskon, misalnya untuk baju sekolah, buku dan lain sebagainya. Melalui kebijakan Bupati juga misalnya bisa dilakukan dengan menggratiskan di tempat wahana bermain dan sebagainya,” lanjutnya.

“Saya menyampaikan apresiasi yang besar kepada Pemda Bulukumba, semangat memberikan dukungan terhadap pealyanan dukcapil. Saya apresiasi juga kepada anak-anak ku sekalian karena sudah sebagian besar melakukan perekaman KIA,” lanjutnya.

Pada pertemuan ini, Plt Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Sulsel ini juga menyaksikan secara langsung Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf melakukan penyerahan KIA kepada secara simbolis kepada Kepala Kemenag wilayah Kabupaten Bulukumba, Muhammad Yunus dan siswa-siswi berprestasi.

Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali mengatakan identitas sangat penting, berbicara soal manfaat kata dia sangat memudahkan dan kenyamanan administrasi.

“Itu menjadi perhatian dari sekarang kalau kita ke luar negeri bisa dimudahkan, apalagi yang sering bawa anak tentu sangat memudahkan di imigrasi,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Andi Muchtar juga memberi atensi kepada pegawai pelayanan Dukcapil Bulukumba agar menghindari pungli. Ia pun tak segan untuk melakukan tindakan secara hukum.

“Tidak boleh ada pungli dalam pelayanan administrasi kependudukan karena ini hak bagi semua warganegara untuk memiliki identitas diri,” tegasnya.

Sementara itu, Kadis Dukcapil Bulukumba, Andi Muliaty Nur dalam sambutannya mengatakan, pihaknya telah mencapai target perekaman KIA hingga 46 ribu anak di Bulukumba.

“46 ribu anak lebih telah mendapatkan KIA, itu melebihi target kami, bahkan melewati target nasional. Lainnya juga cakupan akte kelahiran dari 0-18 tahun juga sudah melebihi target, sekarang sudah 102% cakupan akte kelahiran kita, di mana tahun 2019 hanya 95%,” ujarnya. (*)