Pelepasan Kader Penyuluh KB Kecamatan Manggala Tepat di Hari Kebudayaan Makassar
Momen Hari Kebudayaan Kota Makassar ke 3 yang jatuh pada Kamis (1/4/2021) di dimanfaatkan Camat Manggala, Anshar Umar untuk melepas Kader Penyuluh KB kecamatan Manggala memulai tahapan pendataan keluarga, dengan memilih kediaman Ketua FKLPM Kecamatan Manggala sebagai lokasi perdana pendataan.

MAKASSAR—Momen Hari Kebudayaan Kota Makassar ke 3 yang jatuh pada Kamis (1/4/2021) di dimanfaatkan Camat Manggala, Anshar Umar untuk melepas Kader Penyuluh KB kecamatan Manggala memulai tahapan pendataan keluarga, dengan memilih kediaman Ketua FKLPM Kecamatan Manggala sebagai lokasi perdana pendataan.

Kegiatan Pendataan Keluarga yang dilaksanakan oleh BKKN, adalah merupakan upaya pemerintah dalam validasi, sebagai dasar bagi pemerintah dalam melaksanakan kebijakan peningkatan dan pemerataan pembangunan serta kesejahteraan masyarakat.

Dalam pendataan Perdana di kediaman Ketua Forum Komunikasi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (FKLPM) Kecamatan Manggala, Andi Pasamangi Wawo tersebut, Camat Manggala, Anshar Umar nampak langsung mendampingi anggota Tim Penyuluh KB kecamatan Manggala selaku pendata.

Menurut Jubir Tim, Hasnah, dipilihnya momentum kebudayaan sebagai untuk mengawali kegiatan dikarenakan kerukunan dan kebiasaan keseharian dalam keluarga, juga merupakan budaya yang dilestarikan sejak dahulu kala hingga kini.

Lebih lanjut menurut Hasnah, pendataan kali ini beda dengan sebelumnya. Selain jangka waktu pendataan yang sebelumnya dilakukan setiap tahun, kali ini pendataan akan menggunakan periodesasi per 5 tahun sekali.

Selain itu lanjut Hasnah, dalam pendataan kali ini petugas tidak akan mencatat anggota keluarga yang sudah tidak berdomisili di tempat tersebut, meskipun masih tercatat dalam Kartu Keluarga yang bersangkutan dan ber KTP di lokasi tersebut.

“Kalau pindah tempat tinggal karena tugas di daerah lain, kami tidak catat dalam pendataan walau punya NIK dan tercatat di KK, ” tegas Hasnah.

Sementara itu Andi Pasamangi Wawo selaku tokoh masyarakat kecamatan Manggala menghimbau seluruh warga untuk dengan ikhlas menerima setiap petugas yang hadir ke rumahnya untuk mendukung suksesnya program pendataan keluarga tersebut.

“Selaku ketua FKLPM dan tokoh masyarakat kecamatan Manggala, saya berharap seluruh warga dapat mendukung pelaksanaan kegiatan Pendataan ini, dengan memberikan data yang sebenar-benarnya, sehingga hasil pendataan nantinya dapat benar-benar bisa memberikan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tegas Andi Pasamangi. (464Ys)