PMD Sulsel akan Hadirkan Program “Desa Andalan”

Tana Toraja
Ilustrasi

MAKASSAR—Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Sulawesi Selatan berencana menghadirkan program yang diberi nama Desa Andalan di tahun 2022 ini.

Plt Kadis PMD Sulsel, Muhammad Saleh, Rabu (19/1/2022) kepada awak media ini menuturkan, bahwa melalui program Desa Andalan tersebut, diharapkan dapat menggerakkan dan memaksimalkan potensi ekonomi desa tersebut.

“Kami sementara menggagas beberapa program untuk tahun ini salah satunya adalah desa andalan yang nantinya akan menggerakkan ekonomi desa,” jelasnya.

Menurut Saleh, desa andalan ini nantinya akan melihat potensi desa yang ada kemudian akan dikembangkan sehingga mampu mensejahterakan masyarakat pedesaan.

“Kita mau gerakkan ekonomi desa, dengan melihat potensi desa misalnya berpotensi di sektor pariwisata, pertanian, perikanan maupun lainnya, yang kemudian kita kembangkan sehingga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi pedesaan,” jelasnya.

Untuk menjalankan program tersebut, saleh juga berencana akan segera berkomunikasi dengan sejumlah stakeholder termasuk BUMN dalam mendukung kegiatan ini.

Berita Lainnya

“Kami sudah mendekati beberapa BUMN diantaranya bank sulselbar, Bank indonesia, BRI maupun lainnya, untuk mensupport kegiatan ini dan sejauh ini disambut dengan baik dan mendukung penuh, selanjutnya kami akan tindak lanjuti dengan segera melakukan perjanjian atau MOU,” tuturnya.

Dalam kegiatan ini menurut Saleh, pihaknya juga akan melibatkan secara penuh Badan Usaha Milik Desa atau Bumdes dalam mensukseskan program ini.

“Didalamnya ada Bumdes, memang kita gerakkan, semoga program desa andalan ini bisa segera launching,” pungkasnya. (*)

Berita Terkait