SOLO – Ibunda Presiden Joko Widodo, Sujiatmi Notomihardjo meninggal dunia di Solo, pada Rabu (25/3).

Ibu Noto rencananya akan dikebumikan di pemakaman keluarga Mundu, Selokaton, Gondangrejo, Karanganyar, Kamis (26/3/2020) siang ini.

Ibunda Presiden Jokowi akan berdampingan dengan makam ayanda Jokowi, Widjianto Notomiharjo.

sejumlah karangan bungapun telah berderet disepanjang jalan di kota Solo.

Sementara itu sejumlah tokoh dan pejabat dilarang untuk datang melayat dan diminta untuk fokus bekerja.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga melarang para menterinya melayat ke rumah duka Ibundanya di Solo, Jawa Tengah.

Jokowi minta agar para menteri fokus pada pekerjaannya saat ini, Apalagi saat ini Indonesia tengah berjuang melawan pandemi virus Corona yang sudah menewaskan puluhan orang di Indonesia.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin memuji langkah Presiden Joko Widodo yang meminta jajaran menterinya tetap berada di Jakarta setelah menerima kabar ibunya, Sujiatmi Notomiharjo, meninggal.

“Beliau meminta para pembantunya tetap bekerja di Jakarta untuk menghadapi corona, itu sikap yang luar biasa,” ujar Ma’ruf di akun youtube Wakil presiden RI.

Presiden Jokowi juga meminta masyarakat mendoakan sang ibu dari rumah saja.

Sebanyak 1.200 personel dari TNI/Polri diterjunkan untuk mengamankan rumah duka almarhumah hingga prosesi pemakaman almarhumah Sujiatmi.

Prosedur kesehatanpun dilakukan secara ketat, Setiap pelayat masuk harus melalui pemeriksaan suhu tubuh. Mereka juga harus memakai masker, mencuci tangan menggunakan hand sanitizer serta disemprot disinfektan, untuk mencegah penyebaran virus corona.  [*]