Presiden Joko Widodo dijadwalkan membuka pertemuan Forum Ekonomi Islam Dunia (WIEF) berlangsung di Jakarta, 2-4 Agustus ini. Apa isu yang akan jadi bahasan utama dalam forum ini?

JAKARTA — Sedikitnya lima pemimpin negara sudah memberi konfirmasi akan datang pada Forum Ekonomi Islam Dunia (WIEF) di Jakarta pekan ini, yaitu Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, Presiden Tajikistan Emomali Rahmon, Presiden Guinea Alpha Conde, Perdana Menteri Sri Lanka Ranil Wickremesinghe, dan Deputi Perdana Menteri Yordania Nasir Judah.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir mengatakan Presiden Joko Widodo dijadwalkan mengadakan pertemuan terpisah dengan kepala negara yang hadir dalam pertemuan ke-12 WIEF itu.

Arrmanataha mengatakan, “Antara lain, menurut rencana dengan perdana menteri Malaysia, Presiden Tajikistan, dan Perdana Menteri Sri Lanka. Menteri luar negeri direncanakan melakukan pertemuan bilateral dengan menteri perindustrian dan pertambangan Aljazair dan juga menteri hubungan kerja sama internasional Afrika Selatan.”

WIEF merupakan arena dialog mengenai dunia dan bisnis Islam. Pertemuan WIEF di Jakarta kali ini merupakan yang kedua setelah pertemuan serupa digelar enam tahun lalu. (voa)