Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulsel Muhammad Arafah
Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulsel Muhammad Arafah.

MAKASSAR—Kabar baik untuk masyarakat pengguna trasnportasi umum, Kementerian perhubungan Republik indonesia akan segera melaunching Pengoperasian program teman bus layanan BRT dengan pola Buy The Service (BTS) di Makassar dalam waktu dekat ini.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Selatan Muhammad Arafah mengatakan, rencananya akhir bulan oktober ini akan beroperasi BTS di Makassar untuk 4 koridor.

“Akhir bulan ini di launching dengan 4 koridor yaitu bandara mall Panakkukang, bandara ke pelabuhan, pelabuhan keterminal Malengkeri, serta dari kampus Salodong ke kampus politeknik di BTP dengan kapasitas bus 24 shit,” ungkapnya, Kamis (14/10/2021).

Bus baru yang didatangkan dari jakarta ini akan beroperasi mulai pukul 5 pagi sampai 10 malam.

“Operasionalnya mulai jam 5 pagi sampai jam 10 malam, semua bus baru didatangkan dari jakarta yang di urus oleh Kemenhub, teman bus ini masih gratis dulu kemudian nanti dilihat perkembangannya, kita harap gratis sampai tahun depan,” tuturnya.

Muhammad Arafah menambahkan, Teman bus ini akan memanfaatkan halte yang telah ada. “Haltenya memanfaatkan halte lama dan bisa saja di tempat lainnya, kita buatkan stiker dan ditempel saja,” tambahnya.

Program teman bus, lanjutnya, melibatkan Dishub Sulsel serta pengusaha transportasi lainnya. “Mereka memberdayakan orang kita, karena sopir pakai disini bus 87 unit, launching rencana dijadwalkan dihadiri menteri perhubungan,” pungkasnya. (*)