Sekolah Kapal Pesiar Hadir di Pameran Pendidikan Dies Natalis UNM ke-58
Lembaga Pendidikan dan Penyaluran Crew kapal Pesiar 'Sahabat Benua Indonesia' mengikuti pameran pendidikan Dies Natalis Universitas Negeri Makassar yang ke-58 tahun 2019.

MAKASSAR – Lembaga Pendidikan dan Penyaluran Crew kapal Pesiar ‘Sahabat Benua Indonesia’ hadir di pameran pendidikan Universitas Negeri Makassar yang ke-58 tahun 2019.

Kegiatan yang diikuti oleh beberapa Fakultas di UNM, Lembaga Seni dan Lembaga Pendidikan, dilaksanakan di Menara Phinisi mulai 31 Juli – 1 Agustus 2019 dalam rangkaian kegiatan Dies Natalis UNM yang ke 58 Tahun 2019.

Ajang pameran seperti ini, menurut Direktur Sahabat Benua Indonesia Muh Basir Tahir, sangat strategis untuk mempromosikan Sahabat Benua Indonesia (SBI).

“Banyak diantara mahasiswa dan siswa SMK yang hadir diacara tersebut belum mengenal Sahabat Benua Indonesia. Mereka banyak menanyakan SBI,” tutur Basir Tahir.

Meskipun begitu, ia mengapresiasi tingginya animo dan antusiasme para siswa, mahasiswa maupun guru/orang tuanya dalam menggali informasi yang tersedia di stand SBI.

“Sejauh ini yang dikenal oleh masyarakat adalah sekolah pelayaran di Makassar, padahal ada sekolah penyaluran crew Kapal pesiar yang kurang lebih sama dengan pelayaran tapi kerjanya lebih ringan,” ujarnya.

Untuk itu, ia menghimbau agar lebih gencar lagi mempromosikan Lembaga pendidikan ini, dengan menyediakan data dukung dan profil lembaga berupa leaflet, brosur, poster ataupun booklet yang di bagikan di stand.

“Masyarakat jelas membutuhkan informasi seperti biaya kuliah, ilmu yang dipelajari, prospek kerja dan yang lainnya”, ujar Muh Basir Tahir.

Basir menjelaskan, Lembaga Pendidikan ini berdiri sejak tahun 2015 dengan nama Benua Sahabat Jaya, sempat tidak beraktivitas beberapa tahun karena kesibukan management yang masih terikat kontrak diluar negeri dengan perusahaan asing.

Kini hadir ditahun 2019, kata dia, dengan nama baru yaitu “Sahabat Benua Indonesia” yang berkedudukan di Jalan Bonto Sunggu No 19/29 Kecamatan Tamalate Kota Makassar.

Sahabat Benua Indonesia memiliki Visi menjadi Lembaga Pendidikan Kapal Pesiar dan Hotel terkemuka di Indonesia Timur dan mengemban Misi Pengembangan Skill terhadap siswa yang bercita-cita bekerja di Kapal Pesiar.

Sahabat Benua Indonesia saat ini membuka tiga program pendidikan yaitu tata boga, tata hidang dan Divisi kamar & HK. Saat ini tiga program pendidikan ini sangat dibutuhkan oleh bisnis perhotelan dan kapal pesiar.

Sekolah Kapal Pesiar Hadir di Pameran Pendidikan Dies Natalis UNM ke-58
Lembaga Pendidikan dan Penyaluran Crew kapal Pesiar ‘Sahabat Benua Indonesia’ mengikuti pameran pendidikan Dies Natalis Universitas Negeri Makassar yang ke-58 tahun 2019.

Tata Boga, Program studi Tata Boga mempelajari teknik penyajian makanan dengan memperhatikan kualitas, rasa, estetika, dan kebutuhan gizi.

Tata Hidang, Program Studi Tata Hidang bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan bekerja pada usaha bagian makanan dan minuman, khususnya dibidang pelayanan.

Divisi Kamar & HK, Bertanggung jawab mengatur atau menata peralatan, menjaga kebersihan dan kenyamanan, memperbaiki kerusakan dan dekorasi dengan tujuan agar hotel tersebut tampak rapi, bersih, menarik dan menyenangkan bagi penghuninya.

Sahabat Benua Indonesia menerapkan waktu pembelajaran selama 9 (sembilan) bulan dengan pembagian kualifikasi pendidikan teori selama 3 (tiga) bulan serta praktek selama 6 (enam) bulan.

Adapun keunggulan dari Sahabat Benua Indonesia yaitu telah menjalin kerjasama dari beberapa agency-agency, baik dalam negeri maupun luar negeri yang dimana sebagai perantara penyaluran tenaga kerja di Kapal Pesiar atau Hotel untuk para lulusan Sahabat Benua Indonesia. (*)