Tanpa Gunakan APBD, Diskop Sulsel Gelar Bazar Ramadhan bagi UMKM secara Gratis
Dinas Koperasi dan UKM Sulsel menggelar bazar Ramadhan Fest dengan tema "Maju dan Bertumbuh Bersama Meraih Berkah di Bulan Suci". Bazar yang dimulai Minggu 18 April 2021 ini rencananya akan berlangsung selama 8 hari, yakni tanggal 18-25 April, di Pelataran Kantor Dinas Koperasi dan UMKM Jl. AP. Pettarani Makassar.

MAKASSAR—Dinas Koperasi dan UKM Sulsel menggelar bazar Ramadhan Fest dengan tema “Maju dan Bertumbuh Bersama Meraih Berkah di Bulan Suci”. Bazar yang dimulai Minggu 18 April 2021 ini rencananya akan berlangsung selama 8 hari, yakni tanggal 18-25 April, di Pelataran Kantor Dinas Koperasi dan UMKM Jl. AP. Pettarani Makassar.

Seperti yang terlihat, hari pertama Ramadan Fest berlangsung ramai, 75 tenan padat diserbu warga.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel, Abdul Malik Faisal mengatakan, dari seluruh tenan yang ada, 60 persen diantaranya diisi makan dan minum.

“40 persen lainnya diisi oleh peserta UKM di bidang fashion dan kerajinan tangan serta herbal,” kata Malik.

Kegiatan dibuka tiap sore hingga pukul 20 Wita. “Kita siapkan wadahnya. Termasuk fasilitas meja, listrik, dan air. Pelaku UMKM tinggal bawa jualan,” ucap Malik.

Malik mengaku, awalnya tenan yang disediakan sebanyak 150, namun karena dalam masa pandemi, dirinya hanya menyediakan 75 saja.

“Semua pemilik tenan di sini gratis tanpa dipungut biaya,” ucapnya.

Target omset yang dicapai lanjut Malik, yakni mencapai minimal Rp20 juta per hari.

Pada kesempatan ini, sejumlah kegiatan Ramadan lainnya juga akan digelar, diantaranya Talk Show membahas tentang kebangkitan usaha di masa pandemi, lomba mewarnai, da’i cilik, serta penyerahan hadiah lomba foto cerita warisan tradisional. “Kegiatan ini nol APBD,” pungkasnya. (*)