Tenda Huntara AMCF di Kampung Talibu Mamuju Ditempati 459 Jiwa
Dewan Pembina Asia Muslim Charity Foundation (AMCF) Pusat, Dr. Muh Ali Bakri, M.Pd, Selasa siang 26/01/2021 berkunjung ke tenda hunian sementara (huntara) AMCF untuk korban gempa di Kelurahan Mamunyu, Kec. Mamuju Kab.Talibu, Mamuju.

MAMUJU—Dewan Pembina Asia Muslim Charity Foundation (AMCF) Pusat, Dr. Muh Ali Bakri, M.Pd, Selasa siang 26/01/2021 berkunjung ke tenda hunian sementara (huntara) AMCF untuk korban gempa di Kelurahan Mamunyu, Kec. Mamuju Kab.Talibu, Mamuju.

Tenda huntara tersebut telah didirikan Tim Tanggap Bencana AMCF Sulsel sejak 17/01/2020.

Saat ini tenda huntara ini telah dihuni oleh 109 Kepala Keluarga dan 459 jiwa yang terdiri dari 182 pria, 259 wanita dan di antaranya terdapat 11 balita dan ibu hamil 7 orang. Untuk efektivitas layanan kepada warga maka AMCF mendirikan dapur umum yang menyediakan makanan dan minuman setiap hari kepada 459 warga yang menghuni huntara tersebut.

Selain menyediakan hunian sementara, AMCF juga mengoperasikan truk tangki air kapasitas 5.000 liter yang mengantar air bersih untuk masyarakat yang terdampak gempa di kab. Mamuju.

Hingga hari ini truk AMCF telah mengantar air bersih 55.000 liter ke berbagai dusun, desa dan kecamatan wilayah terdampak gempa.

AMCF juga mendirikan mushollah darurat, pembangunan MCK, membagikan 200 paket sembako, masker 1000, 100 terpal, 100 selimut, 100 tikar, serta memberikan layanan kesehatan, perpustakaan baca untuk anak, dan kegiatan trauma healing.

Kegiatan kemanusiaan AMCF di sulawesi barat ini menerjungkan 11 personil tim kapal kemanusiaan dan 5 relawan mahasiswa mahad Al-Birr Unismuh Makassar.

Dalam menangani tanggap darurat bencana di Mamuju, AMCF saat ini bersinergi dengan berbagai pihak khususnya BNPB dan NGO seperti MDMC, dll. Dewan pembina AMCF mengajak semua pihak untuk saling berkaborasi dalam meringankan beban pemerintah dalam penanganan bencana di Sulawesi Barat. (ulla/cr/shar)