Turning Crisis into Opportunity: Peran Pelaku Ekonomi UMKM & Koperasi di Masa dan Pasca Covid-19

0
23
Peran Pelaku Ekonomi UMKM & Koperasi di Masa dan Pasca Covid-19
Turning Crisis into Opportunity: Peran Pelaku Ekonomi UMKM & Koperasi di Masa dan Pasca Covid-19

JAKARTA – Pandemi Covid-19 telah menguji ketahanan ekonomi nasional, maka menyikapi hal tersebut, Tanri Abeng University mengadakan Webinar Series 1 dengan topik “Turning Crisis into Opportunity: Peran Pelaku Ekonomi UMKM & Koperasi di Masa dan Pasca Covid-19”, Rabu (20/5/2020).

Webinar inidipandu oleh Pitan Daslani, MA, dengan menghadirkan 3 narasumber yaitu, Menteri Koperasi dan UMKM Drs Teten Masduki, Rektor Tanri Abeng University dan Pencetus Konsep BUMR Dr. Tanri Abeng, MBA dan Dekan School of Management & Leadership-Tanri Abeng University Dr Ahmad Azmy MM.

Masing-masing narasumber menyampaikan pandangannya sesuai topik diskusiini: Teten Masduki menyebutkan bahwa wabah pandemiini berdampak pada supply dan demand secara langsung, diperkirakan sekitar 43% UMKM akan mengalami kesulitan bahkan berhenti operasional.

Ia menjabarkan laporan yang telah dilakukan pemerintah guna membantu kelompok miskin baru melalui skema bantuan-bantuan sosial, mulai dari bantuan intensif, suku bunga hingga kemudahan pajak.

Kementrian Koperasi dan UMKM pun akan menjajaki skema inovasi, adaptasi pada perubahan bisnis, diantaranya melakukan kerjasama dengan beberapa E-commerce untuk membantu koperasi dan usaha kecil di Indonesia pada masa pandemi ini.

Dr. Tanri Abeng, MBA menjelaskan secara rinci mengenai konsep BUMR-The TA Model, yaitusebuah konsep yang mengedepankan micro enterprises, small stakeholders/producers dalam skala lokal, nasional dan market global.

Konsep ini dapat dijadikan salah satu solusi dalam menghadapi dampak ekonomi wabah pandemic COVID-19.

Ia pun mengusulkan, pertama, perlu dibentuk dewan khusus penanganan wabah pandemic COVID-19 yang berfokus pada urusan ekonomi.

Kedua, pentingnya penyusunan klaster BUMR-Pangan yang mampu memediasi petani dan koperasi petani untuk menghasilkan industri rakyat yang bergerak maju dalam bidang industri pengolahan dan pemasaran.

Dr. Ahmad Azmy, MM menjelaskan tentang strategi pengembangan SDM UMKM melalui konsep BUMR, serta pentingnya beradaptasi dengan teknologi yang ada, guna menghasilkan target output yang maksimal untuk SDM BUMR di seluruh Indonesia.

Selain itu, turut hadir sebagai peserta, Irman Gusman (Ketua Dewan Perwakilan Daerah RI, periode 2014-2016) dan Emil Dardak (Wakil Gubernur Jawa Timur).

Webinar ini diharapkan dapat member wawasan pentingnya penanganan UMKM dengan baik sebagai bagian dari pergerakan ekonomi bangsa, baik saat masa krisis maupun di masa normal, perkembangan UMKM akan menghasilkan solusi yang lebih baik kedepannya untuk Indonesia. (*)