Dinsos Gowa Intens Berpatroli Tertibkan Pengamen, Anjal, Gelandang dan Pengemis
H. Firdaus, Plt Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gowa.

MAKASSAR—Dinas Sosial Kabupaten Gowa sejauh ini intens melakukan patroli untuk mengantisipasi adanya pengamen, anak jalanan, gelandangan dan pengemis di kabupaten Gowa.

“Kami melalui tim tagana dan pekerja sosial (Peksos) rutin melakukan penertiban pengamen, anak jalanan, gelandangan dan pengemis, termasuk di perbatasan gowa Makassar,” ungkap Firdaus, Plt Kadis Sosial Gowa, Senin (23/8/2021).

Firdaus menyebutkan, setiap pengamen, anak jalanan, gelandangan dan pengemis yang berhasil di tertibkan langsung di asessment.

“Biasa kita turun razia tapi biasanya bukan penduduk Gowa seperti pengamen yang mangkal di perbatasan Gowa, mereka warga Makassar yang hanya mencari uang di Gowa,” kata Firdaus.

Sekretaris Dinas Sosial Gowa ini menuturkan, persoalan yang dihadapinya karena mereka terkadang hanya pindah ke wilayah Makassar sehingga bukan menjadi kewenangan.

“Kami biasanya harus kucing-kucingan dengan mereka karena pada saat kami datang mereka langsung nyebrang ke wilayah Makassar dan tentunya itu bukan wilayah kewenangan kami,” tuturnya.

Ia menambahkan akan melakukan komunikasi konkret dengan Dinas Sosial kota Makassar untuk mengatasi persoalan ini.

“Komunikasi akan segera saya lakukan dengan kepala Dinas Sosial kota Makassar, agar persoalan sosial ini bisa di tangani dengan baik,” pungkasnya. (*)