Hadapi Corona, Warga Desa Tangga Jaya Gorontalo, Ramai Bikin
Warga Desa Tangga Jaya, Gorontalo membuat dego-dego atau tempat duduk santai di halaman rumah, umumnya dibuat dari buluh atau bambu, ditempati tanaman obat keluarga rempah-rempah dan sayur mayur. (Foto: Nurain Duayahu)

GORONTALO – Menghadapi masa pandemi wabah virus Corona jenis Covid-19 berbagai upaya telah dilakukan menangani penyebaran virus ini, mulai dari pemberian masker, penyemprotan disenfektan dirumah warga.

Selain itu warga yang tinggal di Dusun 1 Botu Layahu, Desa Tangga Jaya, Kec. Dulupi, Kab. Boalemo, Gorontalo, Senin sore (13/4/2020), terlihat sibuk membiat dego-dego tempat duduk santai di halaman rumah, umumnya dibuat dari buluh atau bambu, ditempati tanaman obat keluarga rempah-rempah dan sayur mayur.

Sebagian besar di desa Tangga Jaya berprofesi sebagai petani ini mulai berbondong-bondong membuat “Dego-Dego” untuk tempat tanaman obat, rempah-rempah dan sayur mayur.

Tanaman yang di tanam adalah yang dibutuhkan ibu rumah tangga seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, kemangi, terung dan berbagai macam tanaman lain sesuai dengan kebutuhan.

Salah seorang warga Dusun I Botu, Arlin Akutali mengatakan, pengadaan dego-dego ini adalah salah satu bentuk pencegahan virus Covid-19.

Kehadiran tanaman obat keluarga di dego-dego itu diharapkan dapat membantu warga yang tidak berpenghasilan, dikarenakan mengisolasi diri dirumah dan tidak bekerja.

“Pengadaan dego-dego ini diharapakan dapat mengurangi pengeluaran uang belanja kekuarga,” katanya. (*)