Beranda » Islam » Ini Alasan Negara Ini Harus Berpuasa 21,20 jam
Islam

Ini Alasan Negara Ini Harus Berpuasa 21,20 jam

DUNIA – Salah satu tantangan yang dihadapi ummat islam dalam menjalankan ibadah puasa adalah menahan rasa lapar dan haus.

Memang tidak mudah, tetapi sebagai seorang muslim puasa pada bulan ramadhan merupakan hal yang wajib bagi yang tidak berhalangan.

Di Indonesia sendiri waktu puasa hanya berkisar 13-14 Jam namun berbeda dengan beberapa negara dibelahan dunia. Berbagai negara memiliki durasi berbeda-beda dalam menjalankan ibadah puasa, ada yang memiliki durasi singkat dan ada yang memiliki durasi sangat panjang.

Untuk Ramadhan 1438 H atau Tahun 2017 kali ini, Negara Chili memiliki waktu puasa terpendek didunia, dan Negara Greenland memiliki waktu terlama dalam menjalankan ibadah puasa.

Mengapa Demikian..?

Rupanya rentang waktu puasa setiap negara di belahan dunia berbeda-beda dikarenakan adanya kemiringan sumbu rotasi bumi saat mengitari matahari. Posisi matahari yang saat ini berada di sisi utara menyebabkan belahan utara lebih banyak mendapat pancaran sinaran matahari dalam sehari atau lebih banyak siang, dan sebaliknya, di belahan selatan atau dekat kutub selatan hanya sedikit mendapat sinaran matahari dalam sehari atau waktu malam lebih lama.

Negara-negara yang berada di belahan utara (dekat kutub utara) tercatat sebagai wilayah yang harus menjalankan ibadah puasa sebagai yang terlama, Seperti negara Greenland dan Islandia yang harus berpuasa selama 21,20 jam jam. Sedangkan, negara yang durasi puasanya terpendek adalah Chili yang hanya berpuasa selama kurang lebih 9 jam saja. (4ld)