Mendagri Berikan Penghargaan 5 Daerah Terbaik Tata Kelola Anggaran APBD

MEDIASULSEL.com,- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo turut memberikan sertifikat penghargaan kepada lima (5) daerah terbaik dalam tata kelola anggaran APBD tahun 2016.

Turut mendampingi, Sekretaris Jenderal Forum Indonesia Transparansi Anggaran (FITRA), Yenny Sucipto dalam acara Launching Local Budget Study dan Portal Info Anggaran di Hotel Aryaduta, Jakarta, hari ini, (16/3).

Kelima daerah tersebut dinilai memenuhi indikator dasar penelitian dari FITRA. Adapun dasar tersebut yakni transparansi, partisipasi, akuntabilitas, dan kesetaraan gender.

Menteri Dalam Negeri (Mendgari) Tjahjo Kumolo menyambut baik penghargaan yang diberikan kepada sepuluh daerah tersebut. Dia mengungkapkan kunci pemerintahan yang baik yakni adanya fokus dalam perencanaan anggaran.

“Bicara soal pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, kuncinya ada pada memastikan anggaran,” ungkap Mendagri.

Mendagri menilai fokus perencanaan anggaran harus dapat dilaksanakan dengan baik. Setelah itu barulah masuk pada tahapan pelaksanaan program-program yang ada di daerah. Dan terakhir, adanya evaluasi guna mempersiapkan untuk tahun anggaran berikutnya.

Berita Lainnya

Adapun kelima daerah terbaik dalam tata kelola anggaran APBD yakni: Kabupaten Kebumen (Indeks Transparansi Tertinggi), Kabupaten Bone (Indeks Partisipasi Tertinggi), Kabupaten Pulon Progo (Indeks Akuntabilitas Tertinggi), Kabupaten Bone (Indeks Responsif Gender Tertinggi), Kota Surabaya (Kinerja Keuangan Daerah Terbaik). (*/4ld)

Lihat Juga:  Balai Kota Jakarta Banjir Karangan Bunga, Ahok Berterima Kasih Lewat FB

Berita terkait