Sejumlah pemohon SIM yang hadir, terlebih dahulu diwajibkan untuk berjemur selama 15 menit di ruang praktek SIM Polres Gowa, Selasa (28/7/2020).

SUNGGUMINASA – Polres Gowa, melalui Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM, dalam adaptasi kehidupan baru, melaksanakan ketentuan baru, yakni mewajibkan seluruh permohon SIM, untuk terlebih dahulu berjemur di terik matahari sebelum menuju loket antrian.

Hal itu terlihat saat sejumlah pemohon SIM yang hadir, terlebih dahulu diwajibkan untuk berjemur selama 15 menit di ruang praktek SIM Polres Gowa, Selasa (28/7/2020).

Kanit Regident Sat Lantas Polres Gowa, Ipda Ardiansyah mengungkapkan, bahwa hal tersebut dilakukan guna mengurangi potensi penularan Covid-19, karena dengan berjemur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

“Kandungan vitamin D yang terbentuk akibat paparan sinar matahari dapat mencegah infeksi dan melawan penyakit. Sehingga secara tidak langsung dapat mencegah resiko penularan Covid 19.” terang Ipda Ardiansyah.

Dikatakan, pemohon SIM juga diwajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan sebelum memasuki loket pelayanan SIM dengan terlebih dahulu mencuci tangan, pemeriksaan suhu tubuh, jaga jarak (Phisical Distancing) pada bangku antrean serta menggunakan masker.

Sementara itu, menurut Kasat Lantas Polres Gowa, AKP Mustari SH, pihaknya akan terus berupaya memberikan kenyamanan kepada masyarakat pemohon SIM agar betah berada di loket pelayanan dengan menampilkan ruang pelayanan yang bersih dan steril yang dilengkapi berbagai fasilitas seperti ruang ibu menyusui, tempat cas Handphone, area bermain anak serta pojok baca.

Lebih lanjut AKP Mustari SH, menambahkan personil Satuan Penyelengara Administrasi pelayanan SIM wajib menggunakan alat pelindung diri seperti masker dan sarung tangan guna menghindari kontak langsung dengan masyarakat pemohon SIM serta menerapkan 3S yakni, senyum, sapa dan salam. (*/70n)