Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan
Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan (Disdik Sulsel).

MAKASSAR—Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMA, SMK untuk jalur zonasi dibuka secara serentak di Sulawesi Selatan, sejak hari ini, Senin (14/6/2021)

Kuota yang disiapkan sebanyak 77.750 untuk SMA, dan 43.920 untuk SMK untuk semua jalur. Sementara kuota untuk SMA Boarding School sebanyak 827 orang dan pelaksanaannya sudah rampung.

Ketua PPDB Disdik Sulsel, Dr Idrus, SPd.MPd mengatakan pendaftaran PPDB jalur zonasi untuk SMA dan jalur Jarak Terdekat ke Sekolah untuk SMK akan berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 14—16 Juni 2021.

Jalur Zonasi, kata Idrus, kuotanya paling banyak, yaitu 75 persen. Pendaftar di jalur zonasi, kata Kabid SMA ini, harus memperlihatkan Kartu Keluarga (KK) yang diterbitkan paling singkat 1 tahun sebelum tanggal pendaftaran PPDB.

Jika kartu keluarga tidak dimiliki calon peserta didik karena keadaan tertentu, maka dapat diganti dengan surat keterangan domisili. Keadaan tertentu itu, menurut Idrus meliputi bencana alam atau bencana sosial.

Mantan Kepala SMAN 1 Maros ini mengatakan, jika pendaftar melebihi daya tampung, maka seleksi menggunakan jarak, jika jarak sama menggunakan rerata nilai rapor semester I-V, jika rerata nilai rapor sama menggunakan usia, jika usia sama menggunakan waktu pendaftaran.

Jadwal PPDB jalur zonasi berlangsung hingga Rabu (16/6 2021), verifikasi berkas berlangsung dari tanggal 14-17 Juni, dan penentuan kelulusan tanggal 18 Juni 2021 pukul 20.01 wita. (*)