Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengunjungi Puskesmas Makkasau sebagai Puskesmas Ramah Anak di Kota Makassar, Selasa (18/8/2020). (foto: nashrullah ilham)

MAKASSAR – Hari Anak Nasional (HAN) yang diperingati setiap tanggal 23 Juli, dimaknai sebagai kepedulian seluruh bangsa Indonesia terhadap perlindungan anak Indonesia agar tumbuh dan berkembang secara optimal, dengan mendorong keluarga Indonesia menjadi lembaga pertama dan utama dalam memberikan perlindungan kepada anak.

Upaya ini akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia dan cinta tanah air di masa pandemi Covid-19.

Hari Anak Nasional (HAN) Tingkat Sulawesi Selatan tahun ini mengangkat tema “Anak Terlindungi, Sulawesi Selatan Maju, Tetap Gembira di Rumah“.

Dalam rangkaian peringatan HAN 2020 di Sulawesi Selatan, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati melakukan kunjungan ke Puskesmas Makkasau sebagai Puskesmas Ramah Anak di Kota Makassar, Selasa (18/8/2020).

Kunjungan ini, Menteri PPPA meninjau layanan ramah anak di Puskesmas Makkasau. Ibu Menteri PPPA melihat secara langsung layanan yang tersedia di Puskesmas Makkasau antara lain ruang laktasi, ruang MTBS, PKPR dan ruang konseling.

Dalam pemaparan dihadapan Menteri, Kepala Puskesmas Makkasau, dr Ahmad Asy’arie menyampaikan kesehatan merupakan salah satu hak anak yang wajib dipenuhi.

“Oleh sebab itu fasilitas kesehatan harus ramah anak agar anak-anak senang memeriksakan kesehatan mereka ke Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).”

“Ada beberapa indikator Puskesmas Ramah Anak yang telah kami penuhi, diantaranya adalah penyediaan tempat bermain ramah anak, tenaga medis yang melayani dengan ramah, dan pelayanan gizi yang memadai bagi anak-anak. “ pungkasnya.

Kunjungan Menteri PPPA ini didampingi oleh Ketua TP PKK Sulsel, Ketua TP PKK Kota Makassar, Kepala Dinas PPPA Sulsel dan Kota Makassar serta beberapa pejabat terkait. (*)

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengunjungi Puskesmas Makkasau sebagai Puskesmas Ramah Anak di Kota Makassar, Selasa (18/8/2020). (foto: nashrullah ilham)