Beranda » Pendidikan » Siswa Athirah Uji Keterampilan Memasak Kuliner Tradisional
Pendidikan

Siswa Athirah Uji Keterampilan Memasak Kuliner Tradisional

MAKASSAR – Harum bumbu masakan menyeruak saat sejumlah siswa kelas XII SMA Islam Athirah Bukit Baruga memasak makanan tradisional di Lantai 3 SMA Islam Athirah Bukit Baruga, Jalan Raya Baruga, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (21/2/2018).

Tampak siswa yang telah terbagi menjadi 10 kelompok antusias memotong sayuran dan mengolah bumbu dapur. Beranekaragam jenis masakan yang siswa siapkan. Mulai dari ayam rendang, bubur manado, pizza konro, gado-gado, sop ubi kuah soto, dan sate. Tampak siswa yang sibuk memotong wortel dan kentang, menusuk sate, memotong sosis, mengulek sambal, dan memasak bubur. Terlihat pula siswa sedang melabel tempat makanan.

Guru mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan SMA Islam Athirah Bukit Baruga, Dra Salmiaty mengatakan, melalui praktik memasak, setelah tamat SMA diharapkan siswa dapat merintis usaha kuliner. “Sekarang ini sedang tren usaha makanan. Diharapkan siswa bisa menjadi wirausahawan pemula, khususnya dibidang makanan,” tutur Salmiaty.

Para siswa memodifikasi bahan masakan. Setiap kelompok menyiapkan satu jenis masakan. Satu kelompok terdiri dari 6-7 orang. Secara keseluruhan siswa terbagi dalam 10 kelompok dari 3 kelas. Pihak sekolah menyediakan peralatan masak, seperti kompor dan panci. Adapun bahan-bahan masakan, siswa sendiri yang menyediakannya.

Setelah proses masak memasak selesai, para siswa ditantang untuk menjualnya. “Kita sediakan waktu sekitar 2 jam untuk mengolah masakan. Setelah itu, siswa akan mencari konsumen yang akan membeli masakan. Dalam setiap kelompok, ada siswa yang ditugaskan pada bagian promosi dan menjaga stan,” kata Salmiaty.

Ihwal standar penilaian, ujar Salmiaty, terdiri atas 5 aspek. “Kelima standar penilaian masakan meliputi alat dan bahan, prosedur kerja, kesesuaian bentuk, hasil masakan, dan antusiasme siswa,” ucapnya.

Di tempat yang sama, siswa kelas XII IPA 2, Dedy Wardhana mengatakan, kelompoknya memasak ayam rendang. “Hari ini ada praktik ujian memasak. Kelompok saya akan membuat ayam rendang. Bahan-bahannya yaitu ayam, kentang, serai, dan bumbu rendang,” ujarnya.

Setelah masakan jadi, kata Dedy, pihaknya akan menjualnya. “Dengan mengikuti praktik memasak, kita memperoleh ilmu dalam memasak dan pengalaman dalam berbisnis kuliner,” kata Dedy. (*/shar)

Citizen Report: Ilmaddin Husain
Guru SMA Islam Athirah Bukit Baruga Makassar