UMKM Sulsel Ikuti Ajang Halal Ekspo di Istanbul-Turki
Pelaku Usaha Mikro kecil dan Menengah (UMKM) Sulawesi Selatan mengikuti ajang pameran perdagangan ke-8 negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam atau “8th OIC Halal Expo” di Istanbul, Turki pada 25–28 November 2021.

ISTANBUL—Pelaku Usaha Mikro kecil dan Menengah (UMKM) Sulawesi Selatan mengikuti ajang pameran perdagangan ke-8 negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam atau “8th OIC Halal Expo” di Istanbul, Turki pada 25–28 November 2021.

Dalam ajang ini UMKM Sulsel sebagai exhibitor dan juga visitor untuk melihat dan membuka pasar Eropa melalui Turki. Adapun UMKM yang ikut serta antara lain CV. Coconut Internasional Indonesia, CV. Chalodo Chocolate, UD Indo Emmeng, PT Haramayn Lintas Benua, CV. Trio Pabeta Indonesia, CV. Luhur Abadi, CV. Mafindo, CV. Aromata Anugrah Sultan dll.

Beberapa produk UMKM Sulsel yang ikut pameran sekaligus mencari peluang pasar sebagai visitor antara lain briket, kopi, teh nipah, kemiri, aneka herbal, coklat, lulur tradisional bugis dll.

OIC Halal Expo 2021 mengambil tema “Era Baru dan Kenormalan Baru: Perlunya Produksi dan Konsumsi Halal. Dalam pameran Halal Expo 2021ini digelar sejumlah rangkaian kegiatan lain, seperti World Halal Summit dan sejumlah ajang bisnis bertema halal lainnya.

Kegiatan dibuka Fuat Oktay, wakil presiden Turki. Dia mengatakan, ukuran ekonomi halal dunia telah melonjak dari $4 triliun pada 2017 menjadi $7 triliun sekarang

Dubes RI untuk Turki, Lalu Muhammad Iqbal di area Ekspo mengapresiasi kehadiran UMKM Sulsel dalam pameran Halal Ekspo.

Dia berharap Ekspo dapat dimanfaatkan untuk melihat dan membuka peluang ekspor produk-produk UMKM Sulsel ke Turki dan Eropa pada umumnya. (*)