Beranda » News » Deretan Calon Menteri Kabinet yang Panggil Jokowi Hari Ini
News Video

Deretan Calon Menteri Kabinet yang Panggil Jokowi Hari Ini

JAKARTA – Sehari usai dilantik di sidang paripurna MPR, Presiden Joko Widodo langsung memanggil sejumlah tokoh ke Istana Kepresidenan pada Senin (21/10/2019).

Sejauh ini sudah ada 10 nama yang dipanggil ke Istana di momen perkenalan calon menteri dan calon wakil menteri.

Mereka di antaranya mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud Md, founder Gojek, Nadiem Makarim, Wisnu Tama, Eric Tohir, Kapolri Jenderal Tito Karnavian; Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Nico Harjanto, Pratikno, Fadjroel Rachman dan Parbowo Subianto.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD menjadi tamu pertama Presiden Jokowi yang diundang ke istana pada Senin (21/2/2019). Setelah bertemu Jokowi, Mahfud menyampaikan jika dirinya ditunjuk menjadi salah satu menteri di Kabinet Kerja Jilid 2.

Mahfud menambahkan, pelantikan para menteri akan dilakukan pada Rabu (23/10/2019) mendatang.

Nadiem Makarim merupakan pendiri start up Gojek yang saat ini telah merambah dunia internasional.

Bos Gojek ini belum menyebut posisi apa yang akan diembannya, namun mengaku siap membantu Kabinet Kerja Jilid 2. Rumor beredar, Nadiem akan menduduki posisi Menteri Digital dan Ekonomi Kreatif atau mengemban tugas di Kementerian Pendidikan.

CEO NET TV, Wishutama Kusubandio turut menjadi tamu presiden di Istana Kepresidenan.

Wisnutama juga datang dengan kemeja, kabar yang beredar, bos Net TV ini akan didapuk menjadi Menteri Pariwisata.

Selanjutnya adalah pengusaha nasional Erick Thohir. Dia masih merahasiakan posisi menteri apa yang akan diberikan kepadanya. Namun setidaknya dia telah diwawancarai oleh Jokowi dan membahas masalah ekonomi.

Lalu ada wajah lama, yaitu Airlangga Hartarto. Di Kabinet Kerja Jilid I dirinya adalah Menteri Perindustrian. Di periode II Jokowi dia diisukan menjadi Menteri Koordinator Perekonomian. Hal itu cocok dengan apa yang dibahas dirinya dan Jokowi dalam pertemuan keduanya.

Sementara itu Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengaku diminta untuk masuk ke kabinet Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Meski tak menyebut spesifik pos menteri yang akan ia emban, namun Prabowo menyebut ia akan membantu kabinet Jokowi-Ma’ruf di bidang pertahanan.

Selain Prabowo, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Edhy Prabowo juga mendapat pos menteri. Namun Prabowo belum mengumumkan pos menteri yang dimaksud. Prabowo sekaligus memastikan ia dan Edhy siap membantu kabinet Jokowi-Ma’ruf.

Orang-orang yang dipanggil ke Istana dan bertemu dengan Jokowi itu diprediksi kuat bakal dipilih Jokowi sebagai menteri. [*]