Beranda » Sulsel » Dishut Target TORA di Lima Daerah di Sulsel
Dishut Target TORA di Lima Daerah di Sulsel
Biro Humas Pemprov Sulsel Sulsel

Dishut Target TORA di Lima Daerah di Sulsel

MAKASSAR – Plt Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sulsel, Faisal mengaku telah mempresentasikan hasil pelaksanaan Tanah Obyek Reformasi Agraria atau (TORA) belum lama ini dihadapan kementrian perekonomian dan kementrian lingkungan hidup dan kehutanan (KLHK), pada tahun 2019 ini ada lima daerah target TORA.

“Pada tahun 2019 ini ada 5 target daerah Tora yaitu di Kabupaten Bone, Parepare, Sidrap, Toraja, serta Luwu timur, yang dihadapan tim kementerian ada tiga kategori bisa dilakukan pelepasan baik melalui tata batas. Ada diarahkan ke perhutanan sosial, serta ada juga kawasan yang tidak memenuhi syarat sehingga tetap dipertahankan sebagai kawasan hutan,” ungkap Faisal saat ditemui di baruga Lounge kantor Gubernur, Kamis (3/10/2019).

“Mengenai luas wilayah hutan TORA, hingga saat ini masih dicermati kementrian lingkungan hidup dan kehutanan (KLHK) tapi dari taget indikatif sudah banyak yang dilepaskan melalui tata ruang,” ucapnya.

Faisal lebih jauh mengaku,pada tahun 2018 lalu sudah 6 daerah Yang menjadi TORA yaitu Maros, Barru, Wajo, Toraja utara, Luwu dan Enrekang dengan luas kurang lebih 27 ribu hektar.

“Pada tahun lalu sudah ada 6 daerah TORA dengan luas 27 ribu hektar, dan sudah dikoordinasikan dengan badan pertanahan (BPN) untuk segera diterbitkan sertifikatnya,” tutupnya. [*]