Inilah Hasil Pengundian Nomor Urut Pasangan Calon Pilkada se Provinsi Sulsel

 

MAKASSAR – Tahapan Pilkada serentak seluruh Indonesia yang akan dihelat 27 Juni 2018 nanti, hari ini, Selasa (13/2) memasuki tahapan pengundian nomor urut pasangan calon (Paslon) kontestan, demikian juga di kabupaten dan kota serta provinsi Sulawesi Selatan.

Hasil pengundian yang dilakukan oleh masing-masing KPUD tersebut secara terperinci dapat mediasulsel laporkan sebagai berikut :

Pemilihan Gubernur Sulsel yang diikuti 4 calon, yang pengundiannya dilakukan di Hotel Four Point by Sheraton Makassar menghasilkan, paslon Nurdin Halid-Azis Qahhar Mudzakkar (NH-Azis) mendapat nomor urut 1, paslon Agus Arifin Nu’mang -Tanri Balilamo, nomor 2. Paslon Nurdin Abdullah -Andi Sudirman Sulaiman nomor 3, dan paslon Ichsan Yasin Limpo – Andi Musakkar dapat nomor 4.

Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali kota Makassar yang hanya diikuti 2 paslon, menghasilkan paslon Munafri Arifuddin – Rachmatika Dewi (Appi – Cicu) yang didukung 10 partai berhak menggunakan nomor 1, sementara pasangan incumbent yang maju melalui jalur independent Moh. Ramdhan Pomanto – Indira Mulyasari (DIAmi) memperoleh nomor 2.

Kabupaten Wajo yang juga hanya diikuti 2 calon menempatkan paslon Amran Mahmud – H. Amran (Pammase) memperoleh nomor urut 1 sedangkan rivalnya paslon dr. Baso Rahmanuddin – KH Anwar Sadat (Barakka) berhak menggunakan nomor urut 2.

Sementara itu pengundian nomor urut paslon untuk Pilwali Palopo yang di laksanakan di gedung Saodenrae Convention Center (SCC) Kota Palopo, Paslon Judas Amir – Rahmat yang menggunakan akronim Juara, memperoleh nomor urut 1, sementara paslon Akhmad Syarifuddin – Budi Sada dengan akronim Ome – Bisa, akan menggunakan nonor urut 2.

Kabupaten Jeneponto yang diikuti paling banyak paslon dibanding kabupaten/ kota lain di Sulsel berdasarkan pengundian yang dilakukan oleh KPUD Jeneponto menetapkan Pasangan Mulyadi Mustamu- Muh Kasmin dengan Nomor Urut 1, Pasangan Muhammad Sarif-Andi TahaL Fasni dengan Nomor Urut 2, Pasangan petahana Iksan Iskandar-Paris Yasir dengan Nomor Urut 3, sedangkan pasangan A. Baharuddin Baso Jaya-Isnaad Ibrahim dengan nomor Urut 4.

KPUD kabupaten Luwu yang emlaksanakan pengundian di di Gedung Simpurusiang, Jl Pemilu, Belopa, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, menetapkan nomor urut 1 menjadi milik pasangan yang diusung koalisi Partai Demokrat, PDIP, Hanura, PPP, PKB, PKS, Nasdem, PKPI dan PBB, Basmin Mattayang-Syukur Bijak, sedangkan pasangan yang diusung Partai Golkar, Gerindra, dan PAN, Patahudding-Emmy Tellesang, mendapatkan nomor urut 2.

Kegiatan pengundian yang juga dilaksanakan oleh KPUD Kabupaten Sinjai, dari tiga pasangan calon di Pilkada Sinjai, ditetapkan pasangan calon Andi Seto Ghadista – Andi Kartini memperoleh nomor urut 1, Sabirin Yahya-Andi Mahyanto Masda, nomor urut 2 sedangkan nomor urut 3 menjadi milik pasangan Takyuddin Masse-Mizar Roem .

Kabupaten Sidrap yang hanya diikuti 2 pasangan calon, berdasarkan pengundian yang dilaksanakan KPU Sidrap di Gedung DPRD Sidrap, Jl Jenderal Sudirman, Kecamatan Maritengngae, Sidrap, Sulawesi Selatan menghasilkan pasangan calon Fatmawati Rusdi-Abdul Majid (FATMA) mendapat nomor urut 1. Sementara paslon Dollah Mando-Mahmud Yusuf (DOAMU) memperoleh nomor urut 2.

Tiga pasangan calon bupati dan wakil Bupati Pinrang, ditetapkan KPU Pinrang dalam Sidang Pleno Terbuka yang dilaksanakan di Gedung Makkulau, Jl Letjen S. Parman, Kecamatan Watang Sawitto, Kabupaten Pinrang, pasangan Abdul Latif-Usman Marham nomor urut 1, pasangan Irwan-Alimin nomor urut 2, sedangkan pasangan Jamaluddin Jafar-Sofyan Nawir nomor urut 3.

Sementara itu dalam proses pengambilan nomor urut yang dilaksnakan KPU Parepare, diperoleh hasil, paslon Taufan Pawe-Pangerang Rahim (TP) dapat nomor urut 1 sementara paslon Achmad Faisal Andi Sapada-Asriady Samad mendapat nomor urut 2.

Berdasarkan pantauan mediasulsel.com, di provinsi Sulawesi Selatan terdapat 2 KPU kabupaten yang tidak melaksanakan proses pengundian nomor urut, yaitu KPU kabupaten Bone yang harus menunda pelaksanaan pengundian karena menunggu proses verifikasi faktual terhadap berkas dukungan dr. Risalul Umar-Andi Mappaadeng, sementara KPU Enrekang yang hanya menetapkan pasangan Muslimin Bando (MB)-Asman sebagai Pasangan calon tunggal pada Pilkada Enrekang 2018, sehingga meniadakan tahapan pengundian nomor pasangan. (464ys)

0 Comments

Komentar Anda

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Don't have account. Register

Lost Password

Register