Tim Satgas Covid-19 Batangmata Selayar Siapkan Tindakan Tegas Bagi Pelanggar Prokes
Posko satgas penanganan covid 19 Kelurahan Batangmata, Kecamatan Bontomatene, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan mulai efektif melaksanakan tugas posko dan menyiapkan tindakan tegas bagi warga yang dinilai melanggar.

SELAYAR—Sejak resmi dibuka Posko satgas penanganan covid 19 Kelurahan Batangmata, Kecamatan Bontomatene, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan mulai efektif melaksanakan tugas posko dan menyiapkan tindakan tegas bagi warga yang dinilai melanggar.

Sesuai kesepakatan Tim Satgas Covid 19, tindakan pemantauan dan pengawasan ketat akan dilakukan terhadap warga yang diduga positif mengidap virus covid 19.

Menurut salah satu anggota Tim Satgas Covid 19 Batangmata, langkah tegas juga akan dilakukan terhadap seluruh tuan rumah penyelenggara pesta.

“Penyelenggara pesta diharapkan untuk tidak membuat potensi kerumunan dan menghadirkan lebih dari 20 orang,” jelasnya ke Medai Sulsel, Jumat (30/07/2021).

Tuan rumah pesta juga diminta untuk tetap menyiapkan masker dan tempat cuci tangan. Khusus untuk tamu, juga tidak diperkenankan untuk makan di tempat. Oleh karenanya, tuan rumah penyelenggara pesta diminta untuk menyiapkan kotak makanan bagi tamu.

Hal ini dilakukan menurutnya sebagai salah satu bentuk upaya untuk mencegah terjadinya potensi kerumunan yang yang dimungkinkan menjadi cluster baru dalam penyebarluasan virus covid 19.

Ancaman denda juga disampaikan bagi setiap orang yang menyebabkan terjadinya potensi kerumunan dan pelanggaran atas ketentuan penerapan standar protokol kesehatan (Prokes) senilai lima ratus ribu rupiah.

“Setiap pelanggar ketentuan penerapan protokol kesehatan, sesuai kesepakatan akan didenda sebesar Rp500 ribu,” pungkasnya. (4f4d)