Biaya Kuliah Makin Mahal, Beban Orangtua Makin Berat

Biaya Kuliah Makin Mahal, Beban Orangtua Makin Berat
Hamsina Halik (Kontributor Antologi Ngaji Islam Kaffah)

OPINI—Media sosial belakangan ini tengah diramaikan mengenai tingginya biaya masuk universitas melalui seleksi mandiri. Adapun informasi ini banyak beredar di media sosial, termasuk Twitter.

Salah satunya akun Twitter @mudirans yang mengunggah foto berisi persyaratan Jaminan Kemampuan Keuangan (JKK) bagi calon mahasiswa Institut Teknologi bandung (ITB) pada Sabtu (18/7/2020).

Diketahui, JKK tersebut yakni orangtua atau wali mahasiswa harus mencantumkan rekeningnya dengan nominal minimum Rp 100 juta.

Konsultan Pendidikan dan Karier Ina Liem menyampaikan, penyebab mahalnya biaya masuk jalur seleksi mandiri di universitas disebut karena beberapa universitas negeri tengah didorong untuk berbadan hukum. (kompas.com, 22/07/2022)

Menyikapi hal ini Dewan Perwakilan Rakyat atau DPR RI memberikan pandanganya terkait ulasan soal kenaikan biaya rata-rata perguruan tinggi di Indonesia saat ini. Sebagaimana dilansir dari kedaipena.com, 30/07/2022, disebutkan Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf Macan Effendi  mengungkapkan, banyak orang tua tak melanjutkan studi kuliah sang anak lantaran benturan biaya.

Ia pun mengakui bahwa biaya yang mahal tersebut tidak cukup tertutupi dengan sejumlah program pemerintah baik dari beasiswa Kartu Indonesia Pintar atau KIP.

Berita Lainnya

Pendidikan Dikomersialisasi

Mengenyam pendidikan tinggi merupakan impian setiap orang. Namun sayangnya, generasi saat ini harus dihadapkan pada kenyataan pahit akan semakin mahalnya biaya pendidikan tinggi.

Mirisnya, kita seolah dipaksa menerima kondisi ini. Tak ayal para orangtua rela bekerja keras banting tulang untuk melihat anak mereka bisa menempuh pendidikan setinggi mungkin. Atau bahkan banyak orangtua enggan menyekolahkan anaknya hingga ke jenjang perguruan tinggi. Sebab, beban biaya yang begitu berat tak mampu mereka penuhi.

Lihat Juga:  Orang Cerdas Susah Tidur, Benarkah?

Berita terkait