Beranda ยป Sulsel ยป Dishut Sulsel Akan Mereboisasi Kawasan Hutan Seluas 19.600 Hektar
Dishut Sulsel Akan Mereboisasi Kawasan Hutan Seluas 19.600 Hektar
Sulsel

Dishut Sulsel Akan Mereboisasi Kawasan Hutan Seluas 19.600 Hektar

MAKASSAR – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Kehutanan Provinsi Sulsel terus melakukan reboisasi atau penanaman kembali hutan yang rusak atau gundul agar bisa kembali normal.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sulsel Ir. H.Muhammad Tamzil,MP, IPU, mengaku, pada tahun ini reboisasi akan dilakukan pada 19 kabupaten dan kota di Sulsel, dengan target luas lahan sekitar 19.600 hektar.

“Reboisasi sebenarnya rutin dilaksanakan setiap tahun agar hutan yang rusak dapat kembali normal,tapi khusus pada tahun 2019 ini Reboisasi akan dilakukan pada 19 kabupaten dan kota di Sulsel, dengan target luas lahan sekitar 19.600 hektar,” Kata Tamzil saat ditemui di baruga Lounge (15-3-19).

“Reboisasi yang selama ini dilakukan berjalan baik dan lancar,dan tidak ada alasan masyarakat untuk menolak atau menghalangi, karena kalau tidak pasti akan berhadapan dengan hukum,” Lanjutnya.

Tamzil lebih jauh mengaku,Reboisasi yang dilakukan disetiap daerah mempunyai nilai yang berbeda-beda karena tergantung luas kawasan hutan yang direboisasi.

“Nilai atau biaya setiap daerah yang direboisasi berbeda-beda tergantung luasnya,kisarannya sekitar 8 sampai 11 juta perhekternya, karena ada lahan yang gundul, ada juga yang masih ada pohonnya,” Pungkasnya.

“Jenis pohon yang ditanam juga berbeda-beda tergantung kondisi wilayah, tapi biasanya kayu mahoni,pinus maupun lainnya,” Tutupnya. [*]