Orang Inilah Yang Pertama Kali Mendengar Tiupan Terompet Sangkakala

Ilustrasi

ISLAM—Hari Kiamat adalah peristiwa yang maha dahsyat yakni setelah hari yang ditentukan Allah SWT, maka atas perintahnya ditiuplah sangkakala (ash-shur) oleh malaikat Israfil seketika itu bergetarlah seluruh alam semesta.

Akhir-akhir ini banyak media yang memberitakan mengenai suara terompet dari langit. Konon katanya suara itu terdengar di 4 negara (Amerika, Canada, Jerman dan Australia). Banyak yang beranggapan bahwa suara itu seperti terompet sangkakala. Namun, jangan langsung percaya begitu saja mengenai pemberitaan tersebut.

Tiupan sangkakala merupakan peristiwa yang sangat mengerikan, yaitu peristiwa yang pertama kali terjadi pada hari kiamat.

Malaikat Israfil meniup sangkakala pada hari kiamat sesuai dengan perintah Allah SWT dan seketika semua manusia di muka bumi pada saat itu akan mati saat mendengar tiupan sangkakala Malaikat Israfil.

Dalam riwayat hadis dijelaskan siapa orang yang akan pertamakali mendengar suara terompet sangkakala Malaikat Israfil.

Abdullah bin amr. r.a memberitahukan, Nabi Muhammad SAW bersabda: “Apabila sangkakala di tiup, semua orang yang mendengarnya terkulai dalam keadaan mati. orang pertama yang mendengarnya ialah seorang lelaki yang sedang memperbaiki kolam air untuk ternak untanya, seketika ia mati, matilah pula semua manusia.

Berita Lainnya

kemudian Allah SWT menurunkan hujan seperti kabut atau hujan deras, hujan itulah yang menghidupkan semua tubuh manusia. lalu sangkakala ditiupkan sekali lagi, serta-merta seluruh manusia bangkit berdiri dalam keadaan menunggu.

lalu terdengarlah suara, “Wahai manusia, kemarilah kalian menghadap Rab (Tuhan) kalian, kumpulkanlah mereka semua di tempat pemberhentian, untuk memberikan pertanggungjawaban.”. (H.R Muslim)

Berita Terkait