Beranda ยป Nasional ยป Stiker Khusus Taksi Online Resmi di Rilis Pemerintah
Nasional

Stiker Khusus Taksi Online Resmi di Rilis Pemerintah

JAKARTA – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, melakukan peninjauan kesiapan implementasi Peraturan Menteri Perhubungan nomor 108 tahun 2017 mengenai angkutan taksi online di Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (25/11).

Hal ini sebagai lanjutan dari regulasi payung hukum taksi online atau daring, Menhub Budi Karya resmi mewajibkan pemasangan stiker bagi setiap armada taksi daring berbasis aplikasi online.

Menurut Budi Karya Sumadi, stiker yang di tempelkan pada taksi online merupakan salah satu identitas dan tanda legalitas bagi taksi online.

“Pemasangan stiker adalah menandakan bahwasannya kita harus menampilkan diri sebagai taksi, supaya bisa berbeda dengan mobil pada umumnya,” ujar Menteri Budi Karya di Ancol, Jakarta, Sabtu (25/11).

Sejumlah perusahaan onlinepun hadir dalam peluncuran ini diantaranya GO-JEK, Uber dan Grab.

“Pemberlakuan pembatasan tarif batas bawah dan tarif batas atas juga segera kita lakukan. Ini adalah upaya kita membuat aturan 108 mengakomodasi kesetaraan. Agar taksi aplikasi dan konvensional mempunyai hak yang sama,” jelasnya.

Pada saat yang sama, Menteri Budi juga melakukan pemasangan stiker pada bus angkutan darat, sebagai tanda bus tersebut laik jalan. Kesiapaan bus menjadi perhatian pemerintah mengingat masa libur panjang Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 akan segera tiba.

“Hari ini ada rampcheck. Kita tahu kecelakaan itu menduduki nomor satu pembunuh di seluruh dunia dan juga di Indonesia. Tahun 2016-2017 kita sudah punya upaya rampchek dan dampak nya tinggi sekali dapat menurunkan 20 sampai 30 persen kecelakaan. Tahun ini kita harapkan dapat menurun lagi,” tandas Budi Karya Sumadi. [*/4LD]